Yuri Zhirkov: Profil Lengkap Pemain

Yuri Zhirkov: Profil Lengkap Pemain

Yuri Zhirkov: Profil Lengkap Pemain

Yuri Zhirkov: Profil Lengkap Pemain – Yuri Valentinovich Zhirkov atau akrab disapa Zhirkov lahir pada tanggal 20 Agustus 1983 di Tambov, Uni Soviet (Rusia). Pemain dengan tinggi badan mencapai 180 sentimeter ini sekarang bernaung bersama klub Dynamo Moscow dengan nomor punggung 3 dan posisi GelAndang. Karir Juniornya dimulai ketika ia berumur 14 tahun bersama Spartak Tambov di tahun 1997 sampai tahun 2001 ketika ia bergabung dengan skuat senior masih di klub yang sama. Setelah hengkang dari Spartak Tambov, Zhirkov bernaung dibawah klub CSKA Moscow selama beberapa musim sejak tahun 2004 sampai dengan 2009. Dalam karirnya bersama CSKA, ia telah mencetak 15 gol dalam 139 penampilannya. Sementara itu ketika ia masih berada di Tambov, dalam 74 penampilannya, Zhirkov berhasil menyumbang 26 gol.

Setelah masa kontraknya dengan CSKA berakhir, Zhirkov menAndatangani kontrak dengan Chelsea selama 2 tahun terhitung dari 2009 sampai 2011. Namun karirnya di Chelsea bukannya meningkat, melainkan menurun. Terbukti ia hanya mampu mencetak 1 gol dalam 29 penampilannya didalam klub tersebut. Namanya pun termasuk kedalam daftar pemain yang performanya hilang ketika masuk ke Chelsea. Ternyata klub besar bukan jaminan performa seseorang dapat meningkat. Kontraknya bersama Chelsea pun berakhir pada tahun 2011. Zhirkov hijrah ke klub Anzhi untuk 2 tahun terhitung sejak 2011 sampai 2013.  Selama bergabung bersama Anzhi, Zhirkov mencetak 3 gol dalam 46 penampilan.

Kemudian pada tahun 2013 hingga kini, Zhirkov berada dibawah naungan klub Dynamo Moscow dan tercatat per 2014 bahwa ia telah menghasilkan 3 gol selama 14 penampilan. Selama karir sepak bolanya, ia dikenal sebagai pemain dengan gaya yang unik. Pasalnya, ia suka menyisiri sisi lapangan ketika bermain untuk mengamankan pertahanan timnya. Karir sepak bolanya selama masih bergabung dengan CSKA pun bisa dibilang cukup gemilang, karena semasa ia disana CSKA memenangi Russian Super Cup pada tanggal 7 Maret 2004. Disusul dengan gol yang ia buat di menit ke 65 ketika melawan Sportin Lisbon di final UEFA Cup musim 2004 / 2005. CSKA Moscow berhasil merebut Cup perhelatan penting sepak bola Eropa itu.

Sementara itu, karirnya bersama Chelsea memang tidak segemilang karir sepak bolanya yang sebelumnya, namun bukan berarti masa itu adalah masa yang benar-benar gelap baginya. Zhikov pernah dinobatkan sebagai Man of The Match ketika masih bersama Chelsea atas performanya dalam pertandingan melawan Bolton pada 13 April 2010. Selain itu, meskipun tidak terlalu banyak memberikan kontribusi gol, Yuri Zhikov pada musim pertamanya bersama Chelsea mampu menjuarai gelar Premier League serta FA Cup. Karirnya bersama Chelsea harus berakhir pada tahun 2011, kabar lain mengatakan Zhikov ingin bermain dinegaranya sendiri dan ia pun ditransfer dengan harga yang dirahasiakan. Namun ketika dibeli Chelsea saja ia memiliki nilai 18 juta pounds.

Karirnya bersama Anzhi akan sedikit berbeda dengan karir-karir sepak bola sebelumnya. Kali ini benar-benar berbeda. Zhikov sempat dilAnda rumor-rumor keji akibat bergabung dengan Anzhi. Pasalnya di Rusia, klub Anzhi ternyata tidak begitu menjadi favorit karena alasan ras dan beberapa hal lainnya yang mungkin kurang bisa dipahami fans internasional. Namun bagi Rusia, Yuri Zhirkov merupakan salah satu pemain penting bagi tim nasionalnya untuk bisa menghadapi musuh-musuh yang akan muncul nanti di putaran final EURO 2016 di Paris, Perancis. Itulah sekilas informasi tentang Yuri Zhirkov beserta Profil Lengkap-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *