Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Karir Sepak Bola Pemain Igor Akinfeev

Karir Sepak Bola Pemain Igor Akinfeev

Karir Sepak Bola Pemain Igor Akinfeev

Perlu kita ketahui bahwa Karir Sepak Bola Pemain Igor Akinfeev, seorang pemain sepak bola professional berkebangsaan Rusia yang lahir pada tanggal 8 April 1986 di kota kecil Vidnoye, Moscow. Melihat dari karirnya saat ini, beruntung baginya karena sang ayah langsung membawanya ke dunia sepak bola ketika ia memasuki usia 4 tahun. Meskipun masih sangat belia, Akinfeev sudah mulai bersekolah di Sport School of CSKA. Disekolah inilah kemampuan bermain bolanya diuji dan terus dilatih sampai matang. Selama bersekolah disana, ia sempat dilatih oleh kipper terbaik Euro 1988, Rinat Dasaev. Saat itu ia sudah lama dilatih sebagai seorang penjaga gawang, bahkan semenjak ia pertama kali bergabung dengan akademi sepak bola muda itu.

Terimakasih kepada ayahnya yang sudah mengenalkan Akinfeev ke dunia sepak bola sejak ia muda, karena pada tahun-tahun terakhirnya di Sport School of CSKA, ia sudah mulai menunjukkan kepiawaiannya dalam menjaga gawang dari serangan musuh. Ia pun berhasil mempertahankan timnya dan menjuarai Russian Junior Championship. Bersama dengan habisnya masa sekolahnya di CSKA, ia ditarik untuk bergabung dengan skuat senior CSKA dan langsung diturunkan sebagai penjaga gawang utama CSKA Moscow, meskipun usianya saat itu baru 17 tahun. Namun, kepiawaiannya berada dibawah mistar dan menolak bola-bola musuh yang mengarah kepadanya sudah diakui dalam skala nasional maupun internasional. Perjalanan karir mudanya hebat, bukan?

Loyalitasnya terhadap klub yang membesarkan nama sekaligus membantunya terus berkembang dalam sepak bola terbilang tinggi. Pasalnya, Akinfeev masih membela CSKA Moscow dan terus menorehkan prestasi demi prestasi dilapangan yang patut diakui oleh khalayak luas. Saat Akinfeev diturunkan untuk menjaga gawang timnya di Liga Champions, selama 362 menit pertandingan berlangsung, gawang yang ia jaga aman dari bola musuh, namun Porto FC berhasil membobolnya dan ia pun akhirnya berhenti. Namun rekornya itu tidaklah dilupakan begitu saja. Malah ia memperoleh seuah penghargaan tak terlupakan untuk karir mudanya, yakni ia dinobatkan sebagai pemain terbaik Uni Soviet, Zvezda Trophy. Tak hanya berhenti sampai disitu, ia turut memiliki andil dalam membawa timnya menjuarai UEFA Cup saat itu.

Terbukti setelah merubah gayanya ini, Akinfeev jadi jarang kebobolan. Selain gaya bermainnya yang seperti itu, performa Akinfeev juga dinilai berani, cepat dan sama sekali tidak ragu dalam mengambil keputusan untuk berduel dengan musuh yang datang kearah gawang. Dikabarkan Akinfeev juga mampu berkomunikasi dengan baik dengan bek, pemain belakang, hal tersebut membuatnya sebagai penjaga gawang yang jarang sekali melakukan blunder.  Karena hal ini, dikabarkan klub-klub raksasa Eropa seperti Arsenal, Manchester United dan AC Milan sudah menaruh perhatiannya pada Akinfeev seperti seekor singa yang hendak memangsa makan siangnya. Akinfeev belum pernah memimpin skuat junior Rusia dalam laga apapun, namun dirinya langsung diturunkan untuk membela tim nasional Rusia dalam skuat senior pada usia 18 Tahun 20 hari. Meskipun usianya masih begitu muda dibandingkan beberapa pemain timnas lainnya, Akinfeev sendiri sudah dijadikan sebagai penjaga gawang utama timnas Rusia dan tercatat sebagai yang termuda.

Dirinya pernah mengalami cedera lutut selama 4 bulan diharuskan untuk istirahat, selama masa istirahat tersebut Akinfeev mengaku khawatir posisinya di skuat tim nasional Rusia bakal terancam. Namun kekhawatirannya tersebut mampu ia balas dengan performa yang luar biasa. Sebagai penjaga gawang utama, ia mampu membawa tim nasional Rusia ke peringkat 3 di EURO 2008. Apakah hal tersebut akan terulang di perhelatan EURO 2016 di Perancis nanti? Terbukti Akinfeev selama masa karir sepak bolanya sudah memperoleh banyak penghargaan baik individu maupun bersama timnya. Sejauh ini, tercatat CSKA telah berhasil meraih 4 gelar di liga Rusia, 5 kali juara Russian Cup, 1 UEFA Cup. Selain itu, Akinfeev secara individu dinobatkan sebagai kiper muda terbaik Eropa pada tahun 2008. Karir Sepak Bola Pemain Igor Akinfeev bisa menjadi penentu akan penampilannya di timnas Rusia untuk EURO 2016 nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *